IRSAN GUNAWAN, CHIEF TECHNOLOGY OFFICER (CTO) MISTER ALADIN, MEMBAHAS STRATEGI SKALABILITAS WEBSITE DENGAN TRAFFIC TINGGI DALAM ACARA PRODUCT DEVELOPMENT CONFERENCE 2017 TECH IN ASIA

Tech in Asia menyelenggarakan acara Product Development Conference pada tanggal 9 – 10 Agustus 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Dalam acara ini, Irsan Gunawan selaku Chief Technology Officer (CTO) di Mister Aladin, menjadi salah satu pembicara dalam sesi Scaling High Traffic Website pada tanggal 10 Agustus 2017, pukul 15.00 – 15.45 WIB.

Bagi perusahaan startup, maupun pemilik website, penting untuk mengetahui strategi skabilitas yang tepat untuk website mereka. Hal ini penting untuk menentukan langkah ketika mereka menerima pertumbuhan jumlah pengunjung yang tinggi (high traffic). Jika arsitektur sistem tidak dipersiapkan dengan tepat, besar kemungkinan website tersebut mengalami kegagalan bahkan hingga down, yang berakibat fatal bagi bisnis.

“Jika kita melihat pasar Indonesia sebagai contohnya, terdapat lebih dari 260 juta penduduk yang bisa menjadi potensi traffic sebuah website. Bayangkan jika orang sebanyak itu mengakses website kita, berarti kita harus segera memetakan semua kemungkinan dari awal agar ke depannya bisa siap mengantisipasi lonjakan jumlah traffic secara tiba-tiba,” kata Irsan Gunawan, CTO Mister Aladin.

Dalam sesinya, Irsan Gunawan memberikan tiga strategi untuk menentukan strategi skalabilitas yang tepat bagi website dengan traffic yang tinggi: (1.) Selalu identifikasi bottleneck untuk menentukan bagian mana yang memungkinkan menghambat kelancaran sistem; (2.) Utamakan arsitektur yang bersifat asynchronus saat membangun sistem; (3.) Sadari bahwa satu cara tidak dapat berlaku untuk semua model, atau dalam kata lain ”no one-size fits all”, contohnya dalam memilih database.

Irsan Gunawan adalah lulusan program S1 di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Bina Nusantara. Sebelum bergabung dengan Mister Aladin, beliau menjabat sebagai CTO Okezone.com, portal berita milik MNC Group. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.misteraladin.com atau buka laman http://press.misteraladin.com.

###

Share on: